Pages

Tuesday, May 3, 2011

Tag This to Your Friends


 Apa yang kalian ingat begitu membaca judul di atas? Kalo saya, yang langsung terlintas di kepala saya adalah suatu kegiatan yang populer sekitar 4 sampai 5 tahun lalu. Ya, itu adalah kegiatan menulis sesuatu di note Facebook dengan tema dan cara yang sudah ditentukan lalu kita harus men-tag teman kita dalam notes tersebut. Dan teman kita yang kita tag dalam note tersebut wajib hukumnya untuk membuat note serupa, dengan versi dia tentunya dan kembali men-teg orang lain.
           
Ada berbagai macam jenis tema dan aturan dalam membuat note ini. Jenis pertama adalah notes yang meminta kita untuk men-tag beberapa (biasanya 10 atau lebih) teman yang ada di wall kita dan kita diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan ,yang sudah disediakan notes tersebut, berhubungan dengan orang-orang yang sudah kita tag.
            
Jenis kedua, biasa saya bilang sebagai notes curhat, adalah notes yang bersifat lebih bebas karena notes ini hanya memberi tema dan kita bebas menulis apa saja. Contohnya adalah: “20 Things About Yourself”. Ya, di note ini kita bebas menulis 20 hal apa saja tentang diri kita dan biasanya kita bebas untuk men-teg note ini pada siapa saja yang kita inginkan.
           
Namun dibandingan dengan dua jenis notes di atas favorit saya adalah jenis note “Random Music Playlist”. Dari namanya saja bisa dimengerti bahwa note ini meminta kita untuk menjalankan music player kita dalam keadaan random/shuffle untuk menjawab beberapa pertanyaan yang sudah disediakan. Notes ini menjadi menarik karena jawaban yang berupa judul lagu kebanyakan tidak sesuai dengan pertanyaan dan menjadi jawaban-jawaban yang sangat absurd. Hal yang menarik juga adalah kita bisa tau bagaimana sebetulnya playlist musik teman-teman kita.

“Dari playlist musik seseorang kita bisa tau bagaimana kepribadian seseorang sebenarnya.” 
Warman Nasution

           
Dan di posting ini saya mencoba mengulang lagi kegiatan yang pernah populer tersebut menggunakan jenis note ketiga. Dengan pertaturan yang saya buat sendiri tentunya.
   
Peraturannya:
  1.    Nyalakan music player anda.
  2.     Pasang music player dalam keadaan random/shuffle
  3.   Tuliskan 10 judul lagu yang pertama kali terputar pada music player anda.
  4.     Lalu ceritakan deskripsi atau cerita anda dibalik lagu itu

Dan ini adalah 10 lagu pertama yang terputar dalam music player saya dalam keadaan random. Berserta deskripsi atau cerita saya dalam lagu-lagu tersebut:
Catatan: Tanda kutip dan tulisan miring berupa kutipan lirik lagu.



1.Title: Married With Children
   Artist: Oasis
Lagu ini bercerita tentang lelaki yang mempunyai pasangan yang sangat kekanak-kanakan. Di sini si laki-laki sudah merasa muak dan memutuskan untuk meninggalkan pasangannya (“There’s no need for you to say your sorry, goodbye I’m going home”). Lagu ini pernah saya rekomendasikan pada pasangan saya dengan tujuan becanda tapi entah kenapa bukannya marah dia malah menyukai lagu ini. Munkin karena lirik  “It will be nice to be alone for a week or two, But I know that I will be right, right back here with you.” Ckckc



 2. Title: Beat It
     Artist: Fall out boy feat John Mayer
Saya sangat menyukai lagu ini baik versi aslinya milik Michael Jackson walaupun versi cover milik  Fall Out Boy feat John Mayer. Menurut saya jika harus memilih 5 lagu dan Video Clip terbaik milik Michael Jackson maka saya harus menyediakan satu tempat untuk lagu ini. Dan dari Cover versionnya saya menyukai apa yang John Mayer lakukan pada part solo gitarnya.



3.Title: Lovefool
   Artist: The Cardigans
            Tidak ada cerita berarti tentang lagu ini. Saya bukan lah fans berat The Cardigans  walaupun saya tau band ini adalah band hebat. Di iTunes saya pun hanya ada 2 lagu The Cardigans. Namun menurut saya sadar bahwa lagu ini adalah lagu yang bagus. Saya memutuskan men-download lagu ini karena lagu ini sering lalu lalang di telinga saya. Tapi entah kenapa saya lebih suka mendengarkan versi parodinya oleh Pardhiyangan Project (P-Project) Hehe.



4. Title: Killer Queen
    Artist: Queen
            Queen adalah band idola saya dan ayah saya. Dari berumur 5 tahun saya sudah di-cekoki lagu-lagu Queen. Dan lagu ini adalah salah satu lagu Queen yang pertama kali saya dengar. Dulu di mobil tua keluarga kami hanya ada satu kaset di tape player yaitu album “Queen Greatest Hits vol. I” dimana lagu ini ada di dalamnya. Saya tidak pernah mengerti padalah ada ratusan kaset lain di rumah ayah saya tapi kenapa hanya ada album ini di mobil keluarga kami. Dan pasti lah jika berjalan-jalan dengan mobil itu dan sedang tidak mendengarkan radio, lagu-lagu dari Queen pasti diputar dengan volume kencang.




5. Title: Laknat
    Artist: Burgerkill
Akhinya ada juga lagu metal di playlist ini. Sebetulnya tidak ada cerita spesial di lagu ini. Namun lagu ini berada di album “Beyond Coma and Despair”, adalah album Burgerkill pertama yang saya beli dan sejak itu pula saya memutuskan menjadi fans band ini. Di album ini pula kita terakhir kali bisa mendengarkan suara alm.Ivan “Scumbag” Firmansyah yang wafat persis sebelum album ini diluncurkan



6.Title: Let it go
   Artist: The S.I.G.I.T
            Ceritanya hampir sama dengan lagu “Laknat” di atas. Album The S.I.G.I.T. pertama saya dan sejak itu pula memutuskan menjadi fans mereka. Namun vokalis mereka (Rekti) tetap hidup dan terus berkarya sampai sekarang.



7. Title: Balada Sumanto part II (Grindcapella)
    Artist: Rajasing
            Apa jadinya jika lagu Greencore ,ya begitulah Rajasinga menyebut genrenya, dinyanyikan secara acapella? Ya lagu ini adalah jawabannya. Lagu ini bercerita tentang manusia pemakan mayat bernama Sumanto yang pernah heboh di media beberapa tahun lalu. Rajasinga membuat 2 versi untuk lagu “Balada Sumanto” versi aslinya dan versi Grindcapella yang dijadikan sebuah bonus track. Saya lebih menyukai versi Grindcapellanya karena selalu membuat saya tertawa (dalam artian baik) setiap mendengarnya.



8. Title: Ratu Kegelapan
    Artist: Kelelawar Malam
Yeah! Akhirnya band favorit terbaru saya keluar juga. Ini dia Kelawar Malam, sebuah band Horor Punk lokal yang akhir-akhir ini menarik perhatian. CD Selftitel mereka adalah CD yang dalam beberapa bulan terakhir paling sering saya putar di mobil. Setiap orang yang menumpang mobil saya dan mendengar lagu mereka pasti bertanya “Ini band apa?”, lalu saya menjawab “Kelawar Malam” dan mereka pasti menatap saya dengan bingung dan bertanya lebih jauh tentang band ini. Sebetulnya lagu yang diputar oleh saya sekarang ini adalah versi EP mereka dan untuk beberapa hal saya lebih menyukai EP mereka karena soundnya yang lebih raw. Namun pun sangat menyukai CD Selftitel mereka.



9. Title: Seasons of Love
    Artist: RENT Original Cast
            Saya mendengarkan lagu ini pertama kali di radio Prambors bertahun-tahun lalu dan saya langsung jatuh cinta pada lagu ini sejak pertama kali mendengarnya. Saya jatuh cinta pada karakter vokal perempuan di lagu ini. Bertahun-tahun berlalu dan saya kembali mendengar lagu ini di radio dan saya langsung memutuskan mendownloadnya. Dari proses googling pula saya tahu bahwa lagu ini adalah lagu dari film musikal berjudul “RENT”. Sampai sekarang saya mencari film itu namun belum juga saya temukan.



 10.Titel: Alkohol
Artist: Seringai
            Hell yaeh! It’s Seringai! Haha saya sungguh bersemangat ketika lagu ini muncul di playlist saya. Dari playlist pertama tadi saya sudah mengharapkan lagu Seringai muncul tapi sampai no.9 tadi nama Seringai tidak juga muncul. Saya hampir menyerah tapi di saat terakhir nama Seringai muncul dengan salah satu lagu favorit saya “Alkohol”. Ya dari judulnya saja kita tahu bahwa lagu ini adalah Theme Song yang baik untuk mabuk. Tapi sebetulnya lagu ini bercerita jauh lebih dari itu. Lagu ini , sepeti liriknya “Usia ku tak bertambah muda namun sikapku menolak tua” adalah lagu yang mengajak kita tetap berpikir dan bersikap muda. Muda artinya tetap kritis, muda artinya tetap produktif dan muda artinya tetap menikmati hidup. Lagu ini ada di EP Seringai yang berjudul ‘High Octane Rock’, saya sebagai seorang Serigala Militia (fans seringai) sebetulnya malu untuk jujur bahwa saya tidak memiliki album itu. Karena album itu keluar ketika saya masih berumur kira-kira 13 tahun, namun saya masih belum menyerah untuk memiliki album tersebut.

No comments:

Post a Comment